Senin, 24 September 2012

Memaknai kegagalan

Kegagalan, bukanlah hal yang kita harapkan tapi kegagalan adalah bagian dari sebuah perjalanan dan melekat erat pada segala hal yang memiliki potensi resiko.

Dengan demikian yang menjadi pertanyaan mendasar bukanlah bagaimana "menghilangkan" kemungkinan gagal, tapi bagaimana "meminimalisirnya", hingga kalaupun ahirnya kita harus gagal, kita gagal dengan bermartabat.


dalam konteks "bagaimana meminimalisir kegagalan dalam bisnis" gw punya beberapa masukan :


1. Maknai Kegagalan Lebih Dari Makna Sebuah Keberhasilan.

Sebagian besar dari kita ter-mind set bahwa kegagalan merupakan ahir dari segalanya, banyak yang tidak dapat berdiri lagi ketika suatu waktu mereka jatuh. Cerita ini akan berbeda andai saja mereka belajar untuk berujar "Wow, kegagalan ini manarik, apa yang bisa Saya pelajari dari kegagalan ini" sembari berusaha untuk bangkit dan meneruskan perjalanan.

2. Belajarlah Dari Orang Yang Pernah Mengalami Kegagalan

Percaya atau tidak ada sebuah lembaga di Amerika yang memberikan penghargaan kepada orang-orang yang pernah mengalami kegagalan "terbaik". Ajaib bukan? Itu karena mereka menyadari bahwa pengalaman, khususnya pengalaman mengalami kegagalan adalah sesuatu yang istimewa. Seorang pengusaha gagal mempertahankan bisnisnya yang benilai ratusan juta, Anda tentunya tidak akan mengulangi kesalahan yang sama dengan nilai kerugian yang sama jika Anda mengetahui dan belajar dari kisah kegagalan pengusaha tersebut bukan? Disisi lainAnda tidak perlu mengeluarkan dana hingga ratusan juta rupiah hanya untuk mengetahui dimana letak kegagalannya, yang Anda butuhkan hanya mencermati dan belajar dari kegagalan itu.

3. Turunkan Standar Maka Anda Akan Merasa Berhasil

Seperti halnya dengan kecantikan, kegagalan juga merupakan hal yang sifatnya relatif. Anda merasa gagal pada satu titik sementara orang lain yang berada pada titik yang sama merasa berhasil. Hal ini disebabkan karena penilaian individu terhadap apa yang dianggapnya sebuah keberhasilan pastilah berbeda-beda. Oleh karena itu ada kalanya Anda perlu sedikit menurunkan standar Anda maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan keberhasilan meskipun dalam skala yang lebih kecil bila dibandingkan dengan target yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Well, banggalah sebagai orang yang pernah gagal, karena Anda adalah orang yang dapat menginspirasi orang lain untuk tidah jatuh pada lubang yang sama dan hal ini mengarah kepada kemajuan. Lebih dari itu kalau saja semua hal termasuk kegagalan selalu dianggap serius, kita pasti tidak tau lagi apa lagi yang bisa ditertawakan dalam hidup ini, karena nyatanya OVJ-pun sudah mulai tidak lucu lagi.. :D


DieDearDie 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar