Kamis, 04 Oktober 2012

Wirausaha Kunci Negara Maju

Wirausaha menjadi kunci dari kegiatan ekonomi suatu bangsa. Pasalnya, masyarakat yang berwirausahaa menggerakan perekonomian negara tersebut.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa ketika membuka seleksi calon pengusaha muda bersama PAN di Jakarta, Minggu (15/4). Menurutnya, Amerika Serikat dan Singapura menjadi negara maju karena kegiatan wirausaha memiliki porsi besar di negara tersebut. Bahkan, Malaysia memiliki persentase 6% wirausaha dari seluruh penduduknya.

"Bahkan, negara yang dulu komunis kini mendorong pemudanya untuk berwirausaha. Negara Indonesia akan jadi negara maju kalau masyarakatnya paling sedikit 2% adalah wirausaha. Jadi sangat jelas kenapa program wirausaha sangat penting bahkan jadi kunci sebuah negara untuk jadi negara besar," ujar Hatta.

Akan tetapi, kondisi saat ini jumlah wirausaha Indonesia belum sampai 2% dari total 241 juta penduduk Indonesia. Padahal, dengan demografi populasi yang didominasi penduduk usia produktif,mereka memiliki potensi besar dalam berwirausaha.

Dituturkanya, dengan demografi seperti ini dalam 30 tahun ke depan Indonesia dapat menyaingi negara maju seperti AS dan Eropa yang saat ini penduduknya sudah memasuki usia tidak produktif dan membuat negara terbebani biaya pensiun.

"Kita double bonus demography, dengan usia 20 tahun, sangat produktif. Kalau tanpa dicerahkan tidak akan timbulkan efek daya dorong yang kuat bagi bangsa. Maka dari itu manusia-manusia Indonesia yang produktif harus didorong dengan pengetahuan yang kuat sehingga jadi knowledge society," jelas Hatta.

Karena itu, ia menganggap program kewirausahaan sangat penting. Pasalnya, wirausaha adalah prinsip usaha yang selalu ingin menciptakan nilai tambah dari yang ada. Keberadaan mereka, lanjutnya, bisa memberi solusi bagi orang lain.

"Kita masih kurang dari 2%, masih perlu jutaan untuk jadi wirausaha, diatih untuk jadi inovator, jadi pengusaha kreatif dan besar," tutur Hatta. (AI/OL-10)
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar